Home > Artikel Modem Server Pulsa > Port USB Tidak Baik Untuk Modem Server Pulsa – Apa Sebabnya?

Port USB Tidak Baik Untuk Modem Server Pulsa – Apa Sebabnya?

Mengapa port USB  tidak baik dan tidak stabil jika digunakan untuk modem server pulsa? Mengapa lebih bagus port serial (yang juga disebut port RS232) ? Fakta bahwa penggunaan modem server pulsa dengan port USB adalah tidak stabil sudah diketahui oleh banyak orang, namun belum banyak orang yang mengetahui sebabnya.

Kabel USB terdiri dari 4 jalur, 2 diantaranya adalah jalur catu daya yang diambil dari mainboard (normalnya adalah 500mA). Anda bisa bayangkan jika ada banyak alat USB yang terpasang, maka mereka akan saling berebutan. Sudah “nyantol” arus dari mainboard, masih berebutan pula.

Sedangkan alat yang menggunakan koneksi lain seperti misalnya port serial/RS232 menggunakan catu daya eksternal, yang sudah pasti digunakan sendiri. Mau nyedot arus berapa saja tidak ada saingannya karena memang arus dari adaptor digunakan sendiri.

Hal-hal tersebut merupakan alasan utama mengapa port USB lebih lemah dan tidak stabil dibandingkan dengan port serial: karena alat yang terpasang di port USB menggunakan power dari mainboard. Mau berapa kali lipat kencangnya port USB, tetap tidak bisa stabil selama catu dayanya masih mengambil dari mainboard.

Seandainya suatu saat perangkat USB menggunakan catu daya terpisah, maka kita bisa kembali mempertimbangkan penggunaannya untuk hal-hal yang “serius” seperti misalnya untuk modem server pulsa.

Comments are closed.